Translate

Thursday 25 January 2018

KARAKTERISTIK BAKTERI Escherechia coli

     Escherechia coli adalah bakteri gram negatif berbentuk batang tidak berkapsul. Bakteri ini umumnya terdapat dalam alat pencernaan manusia dan hewan. Sel Escherechia coli mempunyai ukuran panjang 2 - 6 µm dan lebar 1,1 -1,5 µm, tersusun tunggal, berpasangan dan berflagel.Escherechia coli tumbuh pada suhu 10 - 45ºC, dengan suhu optimum 37ºC, pH optimum untuk pertumbuhannya adalah pada 7 – 7,5, pH minimum 4 dan pH maksimum 9. Bakteri ini lebih banyak memproduksi asam di dalam medium glukosa, yang dapat dilihat dari indikator merah metal, memproduksi indol tetapi tidak memproduksi asetoin dan tidak dapat menggunakan sitrat sebagai sumber karbon (Faridz et al., 2007).
     Penyebaran kotoran baik manusia dan hewan yang tidak terkontrol dalam lingkungan perairan dapat menyebabkan lingkungan perairan tercemar oleh bakteri ini. Bakteri Escherichia juga banyak mengkontaminasi ikan-ikan segar dan ini sangat membahayakan jika ikan segar yang sudah terkontaminasi oleh bakteri Escherichia dikonsumsi oleh konsumen. Bakteri Escherichiayang mengkontaminasi ikan-ikan segar sumber utamanya adalah air, dan penanganan ikan yang kurang baik (Franceska, 2014).
     Bakteri E. coli menurut Melliawati (2009), juga dapat membahayakan kesehatan, karena diketahui bahwa bakteri E. coli merupakan bagian dari mikrobiota normal saluran pencernaan dan telah terbukti bahwa galur galur tertentu mampu menyebabkan gastroenteritis taraf sedang sampai parah pada manusia dan hewan. E. coli juga dapat menyebabkan diare akut, yang dapat dikelompokkan menjadi 3 katagori yaitu enteropatogenik (penyebab gasteroenteritis akut pada bayi yang baru lahir sampai pada yang berumur 2 tahun), enteroinaktif dan enterotoksigenik (penyebab diare pada anak anak yang lebih besar dan pada orang dewasa).
Daftar Pustaka:

Faridz, Raden., Hafiluddin dan Mega Anshari. 2007. Analisis Jumlah Bakteri dan Keberadaan Escherichia coli pada Pengolahan Ikan Teri Nasi di PT. Kelola Mina Laut Unit Sumenep. Embryo. 4(2).
Francesca, Laydy H., Laluraa. Helen J. Lohoo dan Hanny W. Mewengkang. 2014. Identifikasi Bakteri Escherichia Pada Ikan Selar (Selaroides Sp.) Bakar Di Beberapa Resto Di Kota Manado. Jurnal Media Teknologi hasil Perikanan. 2(1).
Melliawati, Ruth. 2009. Escherechia coli dalam Kehidupan Manusia. BioTrends. 4(1).

No comments: