Translate

Sunday 20 December 2015

FISH CAMPAIGN



Minggu, 23 November 2014, Himpunan Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya mengadakan fish campaign. Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh mahasiswa teknologi hasil perikanan mulai dari angkatan 2011-2014. Acara ini dihadiri oleh  Guru Besar Teknologi Hasil Perikanan Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, MS. Acara ini bertujuan mengajak masyarakat untuk mengubah pola makannya dengan makan ikan.
          Ikan merupakan segala jenis organisme yang seluruh atau sebagian dari siklus hidupnya berada di lingkungan perairan. Ikan mengandung protein yg tinggi yang baik untuk tubuh, mengandung Omega 3 yang baik untuk Otak, ikan juga dapat menangkal kanker, mencegah gangguan jantung, serta bisa digunakan untuk program diet karna kadar lemaknya lebih rendah dibandingkan dengan daging. Ikan yang dapat dikonsumsi masyarakat sangat beragam jenisnya seperti ikan nila, gurame, patin, mas, tenggiri, lemuru, tongkol, tuna, salmon, kakap, kerapu, layang, dan masih banyak lainnya. Ikan yang baik dikonsumsi adalah saat ikan dalam keadaan pre rigor atau saat rigor mortis karena ikan masih segar. Sedangkan pada saat post rigor, keadaan ikan hampir busuk, banyak lendir, mata pucat, sisik mudah lepas, dan warna insang pucat.
          Acara Fish Campaign diselenggarakan untuk memperingati Hari Ikan Nasional yang jatuh pada tanggal 21 November 2014. Kegiatannya meliputi long much dari Gazebo Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB sampai dengan Car Free Day jalan Ijen. Setiap angkatan mahasiswa Prodi Teknologi Hasil Perikanan membuat banner, poster, serta atribut ayng berbeda-beda. Ada yang memakai bando dengan ditempeli kardus dan diberi slogan dengan tema gemar makan ikan, ada pula yang menggunakan kain putih yang diikatkan di kepala dengan tulisan bertema gemar makan ikan serta ada pula yang menggunakan pita biru yang diikatkan di lenggannya. Setiap beberapa meter mahasiswa teknologi hasil perinkanan menyanyikan mars Gemar Makan Ikan, agar masyarakat lebih tertarik untuk mengkonsumsi ikan. Sesekali perwakilan kelas memberikan tips dan trik cara memilih ikan segar, memilih produk ikan yang baik tidak mengandung boraks dan formalin. Selain itu mereka juga memberitahukan manfaat ikan bagi tubuh kita.
          Setelah sampai di Car Free Day,  Kating dan jajarannya mulai dari angkatan 2011-2014 memberikan sosialisai tentang manfaat ikan, kondisi ikan yang baik untuk dikonsumsi, dan ragam produk  yang dihasilkan dari pengolahan ikan. Acara selanjutnya adalah penampilan perkusi dari angkatan 2013 dilanjutkan senam bareng dan pembagian produk ikan kepada masyarakat.
          Tidak berhenti sampai disitu, acarapun dilanjutkan di Fakultas dengan pembagian door prize dan penampilan seni setiap angkatan. Di samping itu dari prodi Manajemen Sumber Daya Perikanan juga mengadakan makan ikan gratis untuk umum di depan Gedung A, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang.


No comments: